Selasa, 21 Desember 2010

Menangkal Malas


Keinginan sudah kuat, impian sudah ada, cita-cita sudah terkonsep dengan rapih. Tetapi apa yang terjadi…. Kemalasan selalu menggerogoti pancaran hati ini, entah itu sedikit demi sedikit, ataupun langsung membudlak banyak. Konsentrasi jadi buyar, keinginan jadi kandas, impian jadi hancur, dan cita-cita tidak tercapai sesuai konsep.
Oh tidak, itulah yang terjadi kepada kebanyakan manusia sekarang, walaupun tidak semua merasakan hal ini, tapi sudah lumrah sifat ini menempel lekat kepada manusia, wong namanya juga makhluk hidup, gak akan lepas dari namanya malas.
Ketika malas menggerogoti kita, apa yang harus kita lakukan untuk mengantisipasi hal tersebut? Mungkin banyak kawan-kawan yang memiliki solusi tersendiri untuk menghadapinya, tapi saya punya cara jitu yang mungkin bisa menghadapi malas dengan sesaat:
1.       Jika malas terjadi ketika pagi hari, dimana seharusnya digunakan untuk membaca dan menghafal, malah kita ngantuk dan melaksanakan kegiatan yg tidak sewajarnya, maka kita wudhu menjadi solusinya, dan setel music ataupun murottal. Agar bisa menemani sesaat. Buat secangkir kopi susu hangat untuk menemani kamu melaksanakan kegiatan rutinitas di pagi hari. Ingat kawan, pagi hari jangan sampai tidur malas, karena waktu ini efektif untuk segala macam. Manusia akan merasakan baik atau buruk sepanjang hari bila di pagi hari dimulai dengan kemalasan.
2.       Jika malas terjadi ketika waktu efektif (pagi-siang), maka kita seyogyanya melakukan senam ringan, yaitu tangan kita gerakkan hingga tidak merasa ngantuk.
3.       Jika malas terjadi ketika sore hari, olah raga lah. Cara yang paling jitu untuk sore hari :D
4.       Jika malas terjadi ketika malam hari, usahakanlah ada target hingga jam berapa mata ini harus terlelap. Usahakan jam 10 malam sudah tidur, agar bisa bangun pagi dengan optimal. Dan jangan lupa, gosok gigi, serta berdoa. Agar terjaga oleh para malaikat. (kalo gosok gigi agar g bolong2 loh…hwhwhh)
Mungkin segitu aja tips buat saya dulu, baru kawan2, semoga bermanfaat. Sayonara… ^^

2 komentar:

  1. kalo dirimu kayaknya mandangin mangkok hello kitty-nya buat ilangin malasnya xixixxixi :P

    BalasHapus
  2. okok okok... :P

    daripada mandangin mangkok... lebih baik mandangin hujan tadi pagi :O

    gimana.... Indonesia hari ini kudu menang ya...

    BalasHapus