Selasa, 21 Desember 2010

Bersyukur itu Indah


Apa yg kita ketahui tentang arti bersykur? Mungkin banyak diantara kita yg selalu berusaha utk bersyukur tanpa mengetahui definisi tersebut, padahal bila kita mengerjakan sesuatu tanpa tahu apa arti yang kita kerjakan, maka hasilnya kurang memuaskan. Maka dari sini saya akan berbicara sedikit definisi syukur. Syukur adalah rasa terima kasih kpd Allah, baik secara lisan, maupun perbuatan.
Nah, jika kita sudah mengetahui apa itu arti syukur secara definisi, sekarang tinggal pelaksanaan saja dalam kehidupan kita sehari-hari. Yups, bagi kawan2 semua yg menganggap bahwa bersyukur itu ketika kita mendapatkan uang, rezeki, dan lainnya yg menguntungkan kita, itu salah. Iya sih memang ada betulnya, tapi lebih tepatnya adalah kita harus bersyukur dalam segala hal, baik itu buruk maupun baik. Kenapa demikian?
Kita tahu sendiri, kehidupan kita tidak selamanya berjalan sesuai harapan dan cita-cita yang kita impikan, banyak sekali kegagalan demi kegagalan. Apalagi ditambah dengan kemalasan yg tidak bisa kita lawan secara tepat, lingkungan yg tidak mendukung, serta kawan2 yg berbagai macam. Itu semua mempengaruhi jalan kehidupan. Baik kita rasakan apa ngga, ya kita harus menyadari itu semua.
Oleh karena itu ketika kita berada dalam posisi buruk, sewajarnya juga syukur harus terwujud dalam diri kita, karena Allah sebenarnya menguji hambanya dengan kenikmatan dan kesenangan, dan memberi sesuatu yg tidak diduga dalam keburukan (bisa disebut ujian).
Coba bayangkan bila kita selalu bersyukur setiap saat, bisa membuat hidup lebih indah. Koq bisa? Ya jelas, hidup terasa mencukupi, tidak merasa kekurangan walaupun ga ada uang, tapi tetep aja indah dan nikmat.
Bandingkan dengan yg jarang dan kurang bersyukur, hidup selalu kekurangan, padahal duit masih banyak, hayo… ngaku. Pernah gitu ga? Pasti banyaknya pernah bahkan sering.
Cara yang paling ampuh untuk memulai ini adalah dari sekarang. Hayo, mari kita mulai hidup kita bersyukur, tanpa harus banyak mengeluh. Jalanin saja hidup, karena kita hidup ga minta, tapi diberi kesempatan oleh Allah SWT untuk berbuat sebaik mungkin, dan menabung untuk akhirat nanti.
لئن شكرتم لأزيدنكم ولئن كفرتم فإن عذابي لشديد
.
Rabea Adawea, 25 November 2010



Tidak ada komentar:

Posting Komentar